RSS

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

'BoUt Me

My photo
Jakarta, Indonesia
All my friends, I really need some advise to you all for increasing my blog.., take care and be happy !!!!!!!

Sunday, May 30, 2010

What’s the real love?

| |

Cinta itu merupakan suatu kemegahan yang menyemarakkan kehidupan, cinta membuat dunia berputar lambat dan cinta juga membuat dunia berputar cepat. Beribu-ribu bahkan berjuta-juta lagu, buku, majalah, film di reproduksi dengan di bumbuhi dengan cinta. Masih ingat gak? Film Titanic yang dulu di putar di bioskop-bioskop, hampir setiap hari selama satu bulan lebih bioskop-bioskop itu penuh dengan penonton. Sekarang coba kita lihat apa latar belakangnya orang-orang memperingati hari Cinta Kasih ini.

Mengapa tanggal 14 februari hari valentine begitu penting??

Kalau kita perhatikan lebih lanjut sebenarnya ada dua pendapat mengenai sejarah hari valentine ini, yakni pendapat yang pertama mengatakan, hari valentine itu berasal dari hari perayaan Lupercalia. Pada zaman romawi kuno, masyarakat menyembah dewa Lupercus untuk menjaga ternak-ternak piaraan mereka. Sehingga setiap bulan Februari, masyarakat Romawi menyelenggarakan pesta untuk menyembah dewa ini. Salah satu adat yang biasa di jalani adalah dengan menuliskan nama perempuan di selembar kertas dan menempatkannya di sebuah kendi yang besar. Lalu, setiap pemuda akan mengambil satu nama dari kendi tersebut. Para perempuan yang berpasangan kemudian akan terus bersama sampai perayaan valentine tahun depan.

Pendapat kedua bahwa, hari valentine berawal dari masa kekuasaan Raja Claudius. Ia menganggap bahwa para pria yang sudah menikah akan menjadi prajurit yang lemah, maka ia melarang pernikahan di daerah kekuasaannya. Pada zaman pemerintahan Raja Claudius ini, hidup seorang pendeta Romawi yang bernama Valentinus. Ia berusaha melawan perintah raja dan secara diam-diam menikahkan pasangan muda yang saling jatuh cinta. Pada akhirnya ia di tangkap dan dipenjarakan. Setelah kematiannya, Valentinus kemudian diangkat menjadi Santo. Meskipun banyak versi dari peristiwa ini, pada tahun 496 Paus Gelasius menetapkan hari Valentine sebagai hari untuk memperingati hari Santo Valentinus.

Simbol dan Tradisi di hari Valentine, simbol yang umum di gunakan pada hari valentine adalah HATI. Menurut kepercayaab kuno, hati adalah sumber dari berbagai macam emosi Kemudian hati hanya di kaitkan hanya dengan emosi cinta. Simbol lainnya adalah bunga mawar merah. Bunga mawar ini di percaya sebagai bunga kegemaran dewii venus, dewi cinta Romawi. Selain itu, merah merah melambangkan perasaan yang kuat. Maka, sudah menjadi tradisi di hari valentine orang-orang memberikan bunga mawar merah pada orang yang dikasihi.

Kain renda tidak jarang juga di gunakan sebagai simbol valentine. Dahulu, renda biasa dipakai untuk membuat saputangan wanita. Ratusa tahun lalu, jika seorang wanita menjatuhkan saputangannya, seorang pria akan mengambilkan untuknya. Kadangkala, jika seorang wanita melihat pria yang menarik, ia akan denga sengaja menjatuhkan saputanganya. Maka kemudian orang-orang akan berpikir tentang keromantisan jika mereka melihat renda.

Jadi, pada mulanya hari valentine merupakan hari penyembahan kepada dewa Lupercus (versi 1) atau peringatan kepada Santo Valentinus (versi 2). Akan tetapi, seiring dengan perubahan jamna, hari valentine kemudian bergeser menjadi hari hari untuk mengungkapkan cinta kepada orang-orang terdekat kitaa dengan berbagai cara, misalnya dengan memberikan bunga mawar, coklat atau makan malam yang romantis. Menjelang valentine, pusat-pusat perbelanjaan mulai melunjurkan produk-produk khas valentine, restoran dan rumah makan menyiapkan menu khusus candle light dinner yang romantis. Tak ketinggalan, stasiun televisi dan radio menayangkan acara-acara spesial valentine.

0 comments:

go-top

Post a Comment

FreuNde

 
 

MiZzY's blog | Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
top